The Economic Study Pedia

Home » Perilaku Organisasi » Chapter 5: Emosi dan Mood

Chapter 5: Emosi dan Mood

Archives

Organisasi seringkali tidak memperbolehkan karyawan mengekspresikan emosi karena dapat mempengaruhi rasionalitas. Namun nyatanya setiap tindakan manusia tetap dipengaruhi oleh emosi.

Rasa (Affect) adalah isitilah umum yang mencakup beragam perasaan yang dialami seseorang, ini mencakup emotions dan moods. Emosi (Emotions) adalah perasaan intens yang diarahkan pada seseorang atau sesuatu. Mood (Moods) adalah perasaan yang kurang intens dibandingkan emosi, yang tidak diarahkan, dan terkadang muncul tanpa ada kejadian yang menstimuli.

Emosi muncul dan hilang dalam waktu lebih sekejap dibandingkan mood. Emosi dapat mempengaruhi dan merubah mood, begitu pula mood dapat membuat individu lebih emosional saat menanggapi kejadian. Perasaan pada mood tidak dapat dikaitkan pada satu kejadian manapun. Seseorang yang mengalami suatu mood, berada dalam kondisi bukan dirinya yang biasanya.

.

Basic Emotions

Penamaan terhadap berbagai emosi memiliki jumlah yang sangat banyak. Rene Descartes mengidentifikasi enam gairah sederhana – wonder, love, hatred, desire, joy, dan sadness -, dan berpendapat emosi lainnya tersusun atas kombinasi keenamnya atau sejenis dengan keenamnya.

 .

Basic Moods

Emosi dapat diklasifikasikan secara positif atau negatif, namun tidak termasuk secara netral. Dengan klasifikasi ini, maka berbagai emosi dapat disatukan menjadi suatu konsep umum, yaitu posisi mood (mood state).

Posisi mood terdiri atas 2 dimensi. Pertama rasa positif (positive affect) adalah dimensi mood yang terdiri atas emosi positif, seperti kegembiraan (joy) atau syukur (gratitude). Kedua rasa negatif (negative affect) adalah dimensi mood yang terdiri atas emosi negatif, seperti marah (anger) atau rasa bersalah (guilt).

1

Emosi negatif cenderung berubah menjadi mood negatif. Hal ini disebabkan beberapa hal:

  1. Pertama individu mengingat sebuah kejadian negatif lima kali lebih sering dibanding kejadian positif
  2. Kedua kejadian negatif lebih unik dan jarang ditemui.
  3. Ketiga mood positif lebih sering dirasakan seseorang. Menurut konsep positivity offset, pada kondisi biasa dan tak terjadi apa-apa, seseorang akan mengalami mood yang sedikit positif.

.

Fungsi Emosi

Rasionalitas dan emosi saling bertentangan satu sama lain, dengan menunjukkan emosi, kita akan cenderung berpikir secara irasional. Namun penelitian menunjukkan emosi penting untuk berpikir rasional. Salah satu contoh adalah kasus Phineas Gage.

Begitu juga dalam bertindak etis, individu setidaknya membuat keputusan sebagai berdasarkan emosi dan perasaan.

.

Sumber Emosi dan Mood

Emosi dan mood muncul karena pengaruh yang datang dari berbagai sumber.

  1. Kepribadian (Personality)

Individu memiliki karakteristik yang membedakan intensitas rasa (affect intensityI), yaitu tingkat kekuatan emosi yang dialami individu.

  1. Hari dan Periode Waktu
  2. Cuaca
  3. Stres
  4. Aktivitas Sosial
  5. Istirahat
  6. Kebugaran
  7. Umur
  8. Jenis Kelamin

Tenaga Emosional (Emotional Labor)

Merupakan ekspresi emosi karyawan yang diharapkan oleh organisasi selama karyawan menjalani aktivitas interpersonal di lokasi kerja. Sebagai contoh pramugari diharapkan tampak riang, petugas pemakaman diharapkan tampak sedih, dll.

Felt emotions adalah emosi aktual individu. Displayed emotions adalah emosi yang dianggap layak dan dituntut agar ditampilkan menurut pekerjaan bersangkutan. Emotional dissonance adalah pertentangan / perbedaan antara emosi aktual yang dirasakan dengan emosi yang diharapkan. Jika disonan yang dirasakan terlalu besar, karyawan dapat mengalami kelelahan emosi atau burnout.

Untuk menekan dan menyembunyikan emosi riil, karyawan dapat melakukan dua hal. Surface acting adalah usaha menyembunyikan perasaan batin dan ekspersi emosional menurut peraturan yang berlaku. Deep acting adalah usaha mengubah perasaan batin aktual menurut peraturan yang berlaku.

Affective Events Theory

Model ini mencoba menggambarkan hubungan kejadian atau karakteristik di lingkungan kerja terhadap emosi karyawan, yang kemudian mempengaruhi sikap (i.e. kepuasan kerja) dan perilaku kerja (i.e kinerja).

2

Model ini membuktikan beberapa hal:

  1. Kepribadian dan mood individu akan mempengaruhi intensitas emosi yang ditunjukkan. Individu dengan stabilitas emosi rendah akan bereaksi kuat saat menghadapi kejadian negatif.
  2. Mood dan individu berubah-ubah sejalan waktu, sehingga pengaruhnya pada kinerja juga berubah-ubah

 

 

Bibliography

Schermerhorn, J.R., Hunt, J.G., Osborn, R.N., and Uhl-Bien, M. (2010). Organizational Behavior (11th ed.). Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Robbins, S.P. & Judge, T.A. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.


Leave a comment